Wisata Adat Suku Osing Desa Kemiren Banyuwangi | Study Tour

posted in: Wisata Adat Budaya | 0

Banyuwangi adalah kota paling timur di pulau jawa Indonesia yang kaya akan Wisata Alam, Wisata Kuliner & Wisata Adat Dan Budayanya. Wisata Kemiren Banyuwangi yang terkenal dengan Suku Osing merupakan Suku Asli Banyuwangi dimana Suku Osing masih menjaga adat dan tradisinya sampai saat ini dimasa milineal yang penuh dengan teknologi. 

Suku Osing Desa Kemiren Banyuwangi

Penduduk Asli Desa Kemiren atau Suku Osing merupakan warga asli Banyuwangi sering disebut juga sebagai Laros (Merupakan Akronim dari Lare Osing) atau Wong Blambangan adalah penduduk mayoritas di Kabupaten Banyuwangi. Suku Osing menggunakan Bahasa khas yaitu Bahasa Osing yang merupakan bahasa Bali dan akar atau turunan dari bahasa Jawa Kuno, Bahasa osing digunakan sebagai bahasa sehari – hari masarakat asli Banyuwangi.

tari tradisional banyuwangi

Sejarah Desa Kemiren

Berdasarkan sejarah warga masyarakat Asli dan diambil dari berbagai sumber yang dapat dipercaya, Orang orang yang berpenghuni di Banyuwangi berasal dari Kerajaan Majapahit yang runtuh sekitar tahun 1478 M. Desa Kemiren Banyuwangi didirikan pada zaman penjajahan Belanda, sekitar tahun 1830-an. Awal mula desa Kemiren adalah hamparan persawahan hijau dan hutan lebat milik komunitas penduduk Desa Cungking dimana konon ceritanya menjadi cikal-bakal masyarakat Osing di Banyuwangi. Hingga saat ini Desa Cungking masih ada dan terletak kurang lebih 5 km arah timur dari Desa Kemiren. Untuk lebih jelasnya ikuti link beriku: Sejarah Desa Kemiren Banyuwangi

Lokasi Wisata Desa Kemiren Banyuwangi

Desa Wisata Kemiren Banyuwangi berada kurang lebih 5 km dari pusat kota Banyuwangi atau dibutuhkan sekitar 15 menit berkendara. Tepatnya lokasi desa kemiren adalah di Desa Kemiren Kecamatan Glagah Kabupaten Banyuwangi. Untuk Akses menuju Desa Wisata Osing Kemiren Banyuwangi sangatlah mudah berdasarkan lokasinya dekat Kota dan beraspal baik. Meskipun berdekatan dengan kota Banyuwangi, pada saat tiba di Desa Wisata Kemiren Suasananya sudah berubah dengan perkotaan. 

Kesenian Di Desa Kemiren

Kesenian Suku Osing Desa Kemiren Banyuwangi sangat unik dan juga menarik juga banyak juga terdapat unsur mistik sepertihalnya kerabatnya Suku Bali dan Suku Tengger Bromo. Berikut daftar Kesenian Suku Osing Kemiren Banyuwangi.

  • Tari Gandrung Banyuwangi
  • Tari Seblang Banywuangi
  • Tari Barong Banyuwangi
  • Tari Janger Banyuwangi
  • Tari Jaranan Kincak
  • Seni Musik Patrol
  • Seni Musik Angklung
  • Seni Musik Angklung Caruk
  • Setni Musik Gedokan
  • Seni Musik Kuntulan
pecel pitik kemiren banyuwangi
  • Jajanan Traditional Suku Osing Kemiren

     

    Paket wisata kuliner tradisional Suku Osing dimana kami menyediakan makanan khas suku osing terutama makanan ringanya seperti tape kucur, ketot, buntut, lepet, gedang goreng endog dan yang paling special adalah dikombinasikan dengan Kopi Jaran Goyang produksi masarakat kemiren asli.  
  • Masakan Tradisional Suku Osing Kemiren

     

    Untuk makanan beratnya kami menyediakan masakan khas yang pling terkenal di Banyuwangi yaitu Pecel Pitik, Uyah Asem, Rujak Soto & Kokoh Kelor.

Kami juga memfasilitasi wisatawan yang ingin menyaksikan tarian gandrung, jaran goyang, pawai arak-arakan barong. Wisatawan juga bisa menyaksikan dan melakukan sangrai kopi secara tradisional. Semua paket wisata yang kami tawarkan ini atas persetujuan BUMDES Desa Kemiren

Apa Saja Yang Bisa Dilakukan Di Desa Kemiren

  1. Sangrai Kopi
    Belajar Menyangrai Kopi Secara Tradisioanal Mulai Dari Penyaringan, Penumbukan, Pengayakan & Pengemasan
  2. Belajar Menari & Alat Musik
    Belajar Gerak Dasar Tari Tradisional & Belajar Memainkan Alat Musik Tradional Khas Banyuwangi Jawa Timur
  3. Belajar Memasak Kuliner Osing
    Belajar Memasak Kuliner Osing Yang Masih Terjaga Keasliannya Akan Menjadikan Liburan Anda Lebih Menyenangkan Terutama Bagi Ibu-Ibu
  4. Trekking Sawah
    Wisata Edukasi Sawah Menam Padi, Membajak Sawah Dan Bermain Lumpur.
  5. Belajar Membatik
    Wisata Edukasi Membatik | Proses Pembuatan Batik Khas Suku Osing Banyuwangi

Note: Untuk Group Tour atau Study Tour, kami membuat tour wisata di desa kemiren lebih dari 1 hari. Peserta akan menginap di Rumah Osing / Rumah Asli Suku Kemiren. Disana peserta akan secara langsung berwisata sambil belajar mengenaik adat tradisi & kebiasaan suku osing kemiren di Banyuwangi. Sangat beruntung jika kunjugan di desa kemiren bertepatan dengan festival adat desa kemiren yang diselengarakan setiap tahunnya seperti Tumpeng Sewu, Ngopi Sepuluh Ribu atau Ider Bumi.

“Budaya bukan saja sesuatu yang kuno dan tradisional. Budaya adalah sesuatu yang organik. Setiap lagu baru, pakaian jenis baru, film baru, cerita yang baru… semua itu adalah hasil budaya. Budaya itu hidup dan terus berkembang.”
― Maisie Junardy, Man’s Defender