Wisata Budaya Banyuwangi

Wisata Budaya Banyuwangi | Kita selaku warga Indonesia harus bangga denga kekayaan dan ber-anekaragamnya budaya, dengan ciri khas budaya yang dimiliki masing-masing daerang yang ada di negeri kita cintai ini. Setiap budaya, tradisi dan adat dari masing masing tempat di Indonesia pastilah berbeda keunikan cerita dibalinya.

Desa Kemiren Banyuwangi

Kemiren Banyuwangi merupakan sebuah nama dari desa di Banyuwangi yang kental dengan adat dan budaya yang masih terjaga. Desa Kemiren merupakan Desa Adat Suku Osing yang dijadikan Wisata Adat Banyuwangi yang harus anda kunjungi untuk liburan keluarga anda.

Desa Kemiren memiliki luas 177.052 Ha dengan kepadatan penduduk sekitar ± 3000. Desa KEMIREN berartikan atau singkatan dari Kemronyok Mikul Rencana Nyata “Bersama Sama & Gotong Royong”. Kata tersebut di cetuskan berdasarkan dari POKDARWIS Desa KEMIREN atau kelompok/organisasi sadar wisata desa Kemiren Banyuwangi.

Arti nama KEMIREN berasal dari kata KEMIRIAN yang berdasarkan banyaknya tumbuhan yang ada di desa tersebut seperti (Pohon Kemiri, Duren (Durian) dan Aren) sehingga warga setempat menyebut daerah tempat yang mereka tinggali menjadi desa KEMIREN. Hingga saat ini desa yang terkenal dengan adat budaya dan tradisinya itu disebut desa Kemiren.

Desa Kemiren memiliki banyak keunikah yang khas meliputi dari Adat, Tradisi, Kuliner, Kesenian dan juga gaya atau tatanan kehidupan masarakanya yang masih terjaga sejak dulu. Karena itulah desa kemiren dijadikan Desa adat wisata Banyuwangi yang terdapat suku Asli Osing/Using Kemiren Banyuwangi.

 

Desa Wisata Osing Kemiren Banyuwangi

Desa Kemiren ditetapkan sebagai Desa Wisata Adat Osing pada tahun 1995 oleh Gubernur Jawa Timur (Basofi Sudirman). Desa Kemiren memiliki daya tarik wisata yang tergolong unik karean Suku Asli Banyuwangi (Suku Osing) Yang Masih Terjaga Adat & Budayanya.

Tour Wisata Desa Kemiren

Dalam setahun Tiga kali event yang cukup besar di gelar di Desa Kemiren seperti, Ider Bumi pada tanggal 2 bulan Syawal, Tumpeng Sewu pada minggu malam atau rabu malam pertama pada bulan Dzulhijjah, dan yang terakhir Desa ini menyelenggarakan Festival Ngopi Sepuluh Ewu Cangkir gratis yang digelar di setiap bulan Oktober.
Pengunjung akan dipandu untuk belajar Tari-Tarian khas Banyuwangi Tari Gandrung Banyuwangi (Edukasi Tari). Tidak hanya itu pengunjung juga akan dipandu untuk tracking pesawahan desa yang subur. Wisata Edukasi Menanam padi,  membajak sawah & bermain lumpur akan menjadikan liburan lebih menyenagkan.
Pengujung juga bisa menikmati masakan khas asli kemiren yang bernama Pecel Pitik, Belajar Memasak Kuliner Osing Yang Masih Terjaga Keasliannya Akan Menjadikan Liburan Anda Lebih Menyenangkan Terutama Bagi Ibu-Ibu

Apa Saja Yang Bisa Dilakukan Di Desa Kemiren:

  1. Sangrai Kopi
    Belajar Menyangrai Kopi Secara Tradisioanal Mulai Dari Penyaringan, Penumbukan, Pengayakan & Pengemasan
  2. Belajar Menari & Alat Musik
    Belajar Gerak Dasar Tari Tradisional & Belajar Memainkan Alat Musik Tradional Khas Banyuwangi Jawa Timur
  3. Belajar Memasak Kuliner Osing
    Belajar Memasak Kuliner Osing Yang Masih Terjaga Keasliannya Akan Menjadikan Liburan Anda Lebih Menyenangkan Terutama Bagi Ibu-Ibu
  4. Trekking Sawah
    Wisata Edukasi Sawah Menam Padi, Membajak Sawah Dan Bermain Lumpur.
  5. Belajar Membatik
    Wisata Edukasi Membatik | Proses Pembuatan Batik Khas Suku Osing Banyuwangi

Untuk Lebih Deail Baca Juga: Desa Kemiren Banyuwangi

 

 

 

 

 

  • Wisata: Adat Budaya
  • Lokasi: Banyuwangi Jawatimur
  • Category Desa Wisata, Suku & Budaya Oseng
  • Paket Edukasi: http://www.example.com