Wisata Kawah Ijen Banyuwangi

posted in: Wisata Alam | 0

Gunung Ijen

Wisata Alam Gunung Kawah Ijen Banyuwangi | Gunung Ijen merupakan Gunung aktive terbaik di Banyuwangi dan juga di Dunia dengan panorama langka Blue Fire disebut juga Api Biru Kawah Ijen yang sangatlah langka. Tidak hanya itu, Kawah Ijen Banyuwangi menawarkan panorama Sunrise terbaik dan juga Danau Kawah terbesar di Jawa Indonesia.

Gunung Ijen Atau Ijen Crater Merupakan Yang paling terkenal di Indonesia bahkan di dunia adalah kawah Ijen juga merupakan danau kawah terbesar di Jawa. Lebih dari 450 gunung berapi di sepanjang Cincin Api Pasifik, membentang di lengkungan seperti tapal kuda dari utara Selandia Baru, naik dan di sekitar pantai Pasifik ke Peru dan Chili. Gunung berapi ini membentuk tulang punggung Sumatera, Jawa, dan Bali. Kawah Ijen di cagar alam Taman Ijen terletak antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia. Dari kawah Ijen juga dapat dilihat gunung-gunung berapi lainnya seperti Gunung Merapi yang sebelah timur Kawah Ijen dan Gunung Raung, Gunung Suket, Gunung Rante. 

Letak Kawah Ijen | Kawah Ijen Terletak tepat diatas Gunung Ijen, berada tepat didalam kaldera besar Gunung Ijen yang memiliki lebar sekitar 20 Km. Danau Kawah Ijen dikenal danau Kawah yang sangat asam terbesar di Dunia. Di sisi lain ada operasi Penambangan Belerang di tepi kawah. Gunung Kawah Ijen sangat indah juga untuk menjadi tujuan pertama bagi wisatawan. Waktu terbaik untuk melihat kawah Ijen adalah pukul 8 hingga 9 pagi. Dan Tour Wisata Kawah Ijen terbaik dimulai jam 1.00 Am pagi dari Hotel Sekitar Banyuwangi Kota.

Lokasi Gunung Kawah Ijen

dimana lokasi kawah ijen

Wisata Gunung Kawah Ijen Banyuwangi terletak di perbatasan Bondowoso dan Banyuwangi, Jawa Timur. Wisatawan pun bisa memilih titik landasan terdekatnya. Bila bepergian dengan pesawat, maka kita bisa memilih melakukan penerbangan ke Banyuwangi dari Malang, Surabaya, Yogyakarta ataupun Jakarta. Setelah itu bisa lanjut menggunakan kendaraan umum atau pun menyewa di Banyuwangi.

Fenomena Ijen Blue Fire (Api Biru Kawah Ijen)

Wisata Kawah Ijen Banyuwangi

Kawah Ijen memiliki karakteristik lain tidak hanya pemandangan yang indah tetapi ada fenomena alam yang tidak biasa yang dikenal sebagai Blue fire atau Api Biru Kawah Ijen. Ventilasi aktif di tepi danau adalah sumber unsur sulfur, dan ada operasi penambangan di dalamnya. Gas vulkanik yang lolos disalurkan melalui jaringan pipa keramik, menghasilkan kondensasi belerang cair. Belerang, yang berwarna merah tua ketika meleleh, mengalir perlahan dari ujung pipa-pipa ini dan jatuh di tanah, itu akan menjadi belerang keras berwarna kuning.

Api Biru Kawah Ijen dinyalakan gas sulfur, yang lama terbakar pada suhu hingga 600 derajat Celcius. Api dapat mencapai ketinggian 5 meter (16 kaki) dan sebagian gas mengembun menjadi cair dan masih menyala. Disebutkan juga Blue flame / Blue fire area terbesar di dunia. Perlu 1 sampai 2 jam mendaki untuk mencapai tepi kawah, dan 30 menit untuk turun ke kawah utama. Waktu terbaik untuk melihat api biru adalah pukul 2 hingga 4.30 pagi.

Fakta Tentang Kawah Ijen

Kawah Ijen Adalah Gunung Dengan Kawah Dan Karakteristik Gunung Ter-Langka Di Dunia. Berikut Fakta-Fakta Tentang Kawah Ijen Yang Perlu Diketahui:

  • Lokasi: Banyuwangi Jawa Timur
  • Koordinat: 8.058 ° S 114.242 ° E
  • Ketinggian: 2.799 m (9.118 kaki)
  • Jenis: Stratovolcano
  • Letusan terakhir: 1999

Kawah Ijen Sunrise Terbaik

Sunrise Matahari Terbit Kawah IjenGunung Kawah Ijen tidak hanya femiliki Fenomena Blue Fire yang langka di dunia, akan tetapi Kawah Ijen memiliki SUNRISE (Mata Hari Terbit) Terbaik di Jawa Timur. 

Untuk wisatawan para pemburu sunrise atau matahari terbit, perlu diketahui bahwa waktu atau momen terbaik untuk bisa melihat matahari terbit di kawah ijen yaitu antara awal bulan april sampai akhir september ketika posisi matahari bergeser ke utara atau posisi matahari di arah angin timur laut ketika matahari terbit tak terhalang punggung gunung dikarenakan di sebelah timur kawah ijen berada sebuah gunung yg lebih tinggi, yakni gunung merapi ungup-ungup.

Atau bisa dikatakan ketika matahari terbit tepat di posisi garis khatulistiwa/ekuator matahari terbit akan terhalang gunung tersebut. Jadi jika kalian adalah pemburu matahari terbit, pastikan jadwal pendakian anda berada di bulan-bulan april sampai september.

Rute & Akses Menuju Gunung Kawah Ijen

Untuk menuju ke Gunung Kawah Ijen ada beberapa opsi, diantaranya bisa melalui jalur Kereta, Laut & Udara Banyuwangi Jawa Timur. Untuk lebih detail berikut kami jabarkan detailnya:

bandara blimbingsari banyuwangi
Bandara Blimbingsari
  • Dengan Kereta Api
    Perlu diketahui jika anda hendak berkunjung ke Kawah Ijen via kereta api dengan pemberhentian di Stasiun Kereta Api di Kota Banyuwangi yang terdekat yakni Stasiun BANYUWANGI KOTA (Nama lawas “Stasiun KARANGASEM”). Kereta dapat dikendarai dari kota-kota besar termasuk Surabaya, Malang dan Probolinggo. Untuk informasi jadwal & harga
  • Dengan Bus
    Terminal bus utama adalah Sri Tanjung, 2 km selatan pelabuhan Ketapang dan terminal brawijaya (karangente) yang ini adalah yang terdekat dengan pusat kota. Surabaya berjarak 285 km melalui jalan darat, dan bus membutuhkan waktu sekitar 6 jam.
  • Dengan kapal Feri (Ketapang – Gilimanuk)
    Penyebrangan dengan Kapal Feri dari pelabuhan Gilimanuk ke pelabuhan Ketapang atau sebaliknya biasa memakan waktu sekitar 1 jam dan beroperasi 24 jam penuh (tergantung kondisi cuaca) Operator feri adalah ASDP. Tiap-tiap kapal akan berangkat dan sandar setiap 15 menit. Untuk informasi harga.
  • Dengan Pesawat
    Bandara kecil Banyuwangi (Blimbingsari) terletak sekitar 15 km selatan pusat kota. Wings Air dan Garuda mengoperasikan beberapa penerbangan sebagian besar ke / dari Surabaya (50 menit).

Jalur Pendakian Kawah Ijen

Jalur Pendakian Kawah IjenDari Pelabuhan Ketapang, Bandara Blimbingsari, terminal bus, atau setaiun kereta, tim kami akan menjemput Anda hingga pukul 00.30 pagi dan bersiap untuk mendaki di Gunung Ijen. Sekitar satu jam dari Pelabuhan Ketapang atau Bandara Blimbingsari ke Paltuding, tempat parkir kerdaraan. Kita harus menempuh perjalanan sejauh 3,5 km dari Paltuding ke bibir kawah dan membutuhkan waktu sekitar 1-2 jam pendakian yang menyenangkan untuk melihat api biru & air asam berwarna hijau kehijauan dari kawah.

Kita juga bisa melihat semua pemandangan yang dilayani Ijen seperti galaksi bima sakti, kawah indah, matahari terbit jawa, kota banyuwangi yang cerah dari ketinggian. Dan dari puncak Gunung Ijen, kita bisa melihat gunung-gunung berapi lain seperti Gunung Raung (3,332 m), Gunung Merapi (2,799 m) dll. Pada jam 8 pagi kita akan turun ke Paltuding dan terus ke Pelabuhan Ketapang, Bandara Blimbingsari, setasiun kereta, atau hotel.

Destinasi Wisata Sekitar Kawah Ijen

1. Perkebunan Kopi

Banyuwangi juga salah satu penghasil kopi terbesar di Indonesia. Salah satu dari beberapa tempat perkebunan kopi di Banyuwangi terletak di Kecamatan Licin masih searah dan di bawah lereng kaki pegunungan & Kawah Ijen. Ada dua jenis yg ditanam di area tersebut, yakni arabica & robusta. Tetapi yg mendominasi area tersebut yaitu kopi robusta, sehingga kopi robusta di kecamatan Licin tersebut bisa mencapai ribuan kilogram sekali panen.

2. Perkebunan Cengkih

Perkebunan cengkih di Kecamatan Licin ini menjadi salah satu penyuplai daun cengkih di jawa timur untuk diolah menjadi minyak cengkih yg biasa diekspor ke jazirah arab yg mayoritas penduduk di jazirah arab menggunakan minyak cengkih untuk pijat.

3. Proses Penyaringan atau Pemurnian Belerang

Perlu dikatahui bahwa Kawah ijen salah satu penghasil belerang yg paling produktif di Indonesia. Ada beberapa proses juga setelah melakukan penambangan dan sebelum penjualan ke pabrik-pabrik besar, yaitu penyaringan atau pemurnian belerang. Masih di sekitar perkebunan kopi dan cengkih di kecamatan Licin tersebut, terdapat juga tempat penyaringan atau pemurnian belerang.

4. Air Terjun Jagir

Wisata Air Terjun Jagir Banyuwangi atau Wisata Air Terjun Kembar adalah wisata alam air terjun Banyuwangi yang terletak di Kaki Gunung Ijen Dusun Kampung Anyar, Glagah, Banyuwangi. Air Terjun Jagir dalah optional tour yang paling cocok untuk dikunjungi setelah Tour Ijen/Setelah mengunjungi wisata kawah Ijen. Temapat Wisata Banyuwangi yang satu ini tidak jauh dari Wisata Kalibendo yang berjarak sekitar 1 kilometer, sedangkan lokasi Air terjun jagir cukup dekat dengan kota Banyuwangi sehingga cukup mudah untuk dijangkau.

Tips Tour Wisata Kawah Ijen

  • Gunakan Travel agent Profesional yang menyediakan guide profesional sehingga bisa memandu sekaligus menginformasikan secara detail mengenai kawah ijen.
  • Pastikan tubuh anda fit ketika bepergian.
  • Bawalah selalu barang atau dokumen penting serta kartu identitas anda.
  • Sediakan uang cash lebih untuk sekedar berjaga-jaga dan uang kecil untuk toilet.
  • Selalu periksa ulang apa yg anda bawa sebelum meninggalkan tempat atau kendaraan.
  • Bawalah obat-obatan (anti alergi & krim pelepas nyeri), lotion anti serangga yg jika dibutuhkan.
  • Gunakan pakaian yg hangat (jaket, sepatu, sarungtangan, kupluk, dll).

Paket Tour Wisata Banyuwangi Pilihan

Kami juga telah merangkum Tujuan Wisata Banyuwangi yg Wajib untuk dikunjungi dengan tambahan tempat-tempat wisata banyuwangi terbaik disertai spot photography & spot edukasi (Hiburan & Edukasi). Berikut daftar Paket Wisata Banyuwangi terbaik yang mengcover hampir semua wisata unggulan di Banyuwangi berdasarkan kategori kunjungan:

  • Paket Wisata Kawah Ijen Blue Fire
  • Paket Wisata Banyuwangi 1 Hari
  • Paket Wisata Banyuwangi 1H1M
  • Paket Wisata Banyuwangi 2H1M
  • Paket Wisata Banyuwangi 3H2M

Rutinitas harian membuat kita buta akan keindahan hidup. Liburan sehari saja bisa membuat kita menikmati hidup. Selamat liburan semuanya..!