Wisata Blue Fire Kawah Ijen

posted in: Wisata Alam | 0

Wisata Api Biru Kawah Ijen Banyuwangi

Wisata Kawah Ijen Banyuwangi

Gunung Kawah Ijen merupakan salah satu gunung aktif di Indonesia yang indah. Tidak hanya itu Gunung Ijen atau Kawah Ijen atau Ijen Crater merupakan Gunung yang memiliki keunikan dengan adanya danau kawah terbesar di Pulau Jawa. Tidak hanya itu Turis luar negri mewajibkan untuk mengunjungi Gunung Ijen, dikarenakan adanya fenomena langka dimalam hari yaitu adanya Api Biru yang berasal dari bibir Kawah Ijen.

Blue Fire Kawah Ijen

Gunung Ijen atau Kawah Ijen memiliki karakteristik yang menakjubkan, Dengan adanya Api Biru yang berada di bibir kawah. Blue Fire atau Api Biru di Ijen timbul kareana adanya ventilasi aktif di tepi danau, tepatnya di Crater-nya. Di dalam crater/Kawah meruupakan sumber unsur sulfur/belerang, didampingi operasi penambangan di dalamnya.

Blue Fire Kawah Ijen, Kawah Ijen Blue Fire, Api Biru Ijen

Terbentuknya Api Biru di Kawah Ijen disebabkan Gas vulkanik yang mengalir kemudian lolos dan disalurkan melalui jaringan pipa besi, yang menghasilkan kondensasi belerang cair. Belerang/Sulfure berwarna merah tua ketika meleleh, mengalir perlahan dari ujung pipa besi dan jatuh ke permukaan tanah, belerang cair tersebut akan menjadi belerang keras berwarna kuning.

Blue FIire adalah Gas vulcanik yang panas dari bocoran piba besi di Kawah Ijen menciptakan fenomena unik yaitu Api Biru/Blue Fire, dimana api biru tersebut hanya dapat di lihat di malam hari (Pada Saat Gelap).

Wisata Kawah Ijen

Gunung Ijen Merupakan Salah Satu Gunung yang paling terkenal di Indonesia bahkan di dunia adalah kawah Ijen juga merupakan danau kawah terbesar di Jawa. Lebih dari 450 gunung berapi di sepanjang Cincin Api Pasifik, membentang di lengkungan seperti tapal kuda dari utara Selandia Baru, naik dan di sekitar pantai Pasifik ke Peru dan Chili. Gunung berapi ini membentuk tulang punggung Sumatera, Jawa, dan Bali.

spot foto terbaik di kawah ijen

Kawah Ijen di cagar alam Taman Ijen terletak antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia. Dengan keindahan alam mulai dari pemandanagan alam, adanya pemambangan belerang setiap hari, fenomena Blue Fire/Api Biru, Sunrise di Bagian Barat & Destinasi Liannya disekitar G Kawah Ijen menjadikan Gunung ini menjadi Wisata Gunung Terbaik di Jawa Timur wajib untuk di kunjungi.

Jalur Pendakian Kawah Ijen

Jalur Pendakian di Kawah Ijen bisa dikatakan sedang, ntuk mecapai gunung Ijen memerlukan waktu 1.5 – 2 jam mendaki sampai puncak Gunung, sesampainya di puncak gunung Ijen di butuhkan 30 menit untuk turun ke Kawah (Lokasi Blue Fire). Waktu terbaik untuk melihat Blue Fire (Api Biru) sekitar pukul 2 hingga 4.30 pagi (Pada Saat Gelap).

Pendakian Kawah Ijen Untuk Pemula

Pendakian Gunung umumnya identik dengan perjalanan panjang dan penuh semangat yang biasanya melewati jalan kecil di area Hutan. Pendakian Kawah Ijen Untuk Pemula juga bisa direkomendasikan, untuk mencapai puncak cukup dengan jalan pelan dan terus menerus. Jikapun tidak kuat mendaki, bisa menyewa jasa troli atau porter untuk membawa anda sampai ke puncak gunung kawah ijen dan bisa menikmati Blue Fire Ijen. 

Tiket Masuk Kawah Ijen

Untuk Tiket Masuk Di Kawah Ijen ada dua katergori, tiket masuk kawah Ijen wisatawan local dan tiket masuk Kawah Ijen Wisatawan Manca Negara (Turis). Dan juga ada tambahan biaya Parkir Roda Dua dan Roda 4 Paltuding. Lihat Lebih Lanjut Harga Tiket Masuk Kawah Ijen