Wisata Baluran Banyuwangi

posted in: Wisata Alam | 0
Baluran Banyuwangi, Taman Nasional Baluran Banyuwangi

Wisata Baluran Banyuwangi memiliki hamparan savana terluas di Jawa Indonesia, layakaknya wisatawan yang berkunjung ke Baluran Banyuwangi serasa berlibur di Afrika.

TN Baluran Banyuwangi

Wisata Baluran Banyuwangi menyuguhkan Wisata alam alami diiringi ratusan rusa dan hewan liar Baluran yang berlarian di sana, dengan fenoma hewan liar seperti merak jantan melebarkan ekornya bertujuan menarik. Perhatian sang merak betina, Banyaknya kerbau/banteng liar besar yang gagah, elang- elang mencari makan di langit, hingga banyaknya jenis monyet seperti lutung dan makaka yang berkeliaran & bergelantungan.

Vegetasi pepohonan khas Baluran Banyuwangi yang menyerupai pohon pinang yang khas, pohon ini berbuah sekali dalam jumlah kurang lebih 1 ton kemudian mati. Pohon pilang ini memiliki karakteristik yang unik dengan berbatang putih dan rimbun, Jika anda mengamatinya menyerupai pohon di film-film holiwod. Tak kalah indahnya cikikhas vegetasi pohon bekol Baluran yang rindang menyerupai pohon beringin dengan nuansa mistis.

Wisata Alama TN Baluran

Taman Nasional Balura memiliki luas 25 ribu hektare & memiliki beberapa jenis hutan, satwa, dan tumbuhan. Ciri dominan taman ini adalah Gunung Baluran setinggi 1.247 m, gunung berapi yang tidak aktif.

Taman ini sebagian besar adalah sabana rumput dan semak akasia pedalaman dan hutan monsun dengan hutan bakau di pantai. 15 km dari pintu masuk utama ada pantai pasir putih yang indah yang disebut Pantai Bama dengan hutan bakau tepi dan terumbu karang lepas pantai yang sehat. Sekitar 40 km dari pantai utara Jawa berada dalam batas-batas taman nasional dan mencakup beberapa daerah dengan terumbu karang yang sangat baik dan sehat di dekat pantai.

Lokasi Taman Nasional Baluran

Secara administratif Taman Nasional Baluran masih dalam wilayah Situbondo, akan tetapi akses terdetak Wisata Alam Taman Nasional Balura adalah dari Banyuwangi. Letaknya/Lokasi Baluran berada di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Situbondo. Sangatlah Mudah akses menuju ke lokasi Taman Nasional Baluran, pintu gerbang utama terletak di jalan Situbondo-Banyuwangi, adalah akses utama para wisatawan dari arah Barat menuju Bali. Bagi wisatatawan yang berkendara dari Jakarta, Surabaya dll menuju ke Pelabuhan Ketapang melalui jalur pantura, pasti akan melewati Wisata taman nasional Baluran.

TNB (Taman Nasional Baluran) tepatnya terletak di Ds. Wonorejo, Kec. Banyu putih, Situbondo disebut Africa van Java atau juga dikenal sebagai Little Africa. Hal tersebut dikarenakan di Baluran terdapat padang savana luas dipenuhi satwa liar. Sejauh mata memandang yang terlihat hanyalah padang savana tandus dengan pohon-pohon yang kering dan bebatuan.

Sejarah Baluran

Nilai dan sifat unik Baluran pertama kali dicatat pada tahun 1928 oleh ahli botani Belanda AH Loedeboer. Status taman nasional resmi diberikan pada tahun 1984 sejak saat itu potensi pariwisata taman perlahan-lahan terwujud.

Hewan & Tumbuhan Baluran

TN Baluran memikiki 26 jenis mamalia, seperti banteng, kerbau, kijang, rusa, kucing bakau & macan tutul. Juga Terdapat 155 burung yg hidup di hutan baluran.

Birdlife beragam meskipun ada tekanan yang sangat besar untuk perdagangan burung cagebird sebelum taman nasional dibentuk. Perburuan masih terjadi. Di taman nasional Baluran terdapat 444 jenis tumubuhan. Tumbuhan Khas asli TN Baluran yang menarik yaitu widoro bukol, mimba, dan pilang.

Tiket/Biaya Masuk Baluran

Biaya Tiket masuk Wisata Taman Nasional Baluran berfariasi, berdasarkan kondisi situasi dan wisatawan lokal atau asing.

    • Tiketa Masuk Baluran wisatawan lokal : Rp.15.000 (Senin-Jum’at)
    • Tiket Masuk Baluran wisatawan lokal : Rp.17,500 (Sabtu-Minggu/Hari Libur)
    • Wisatawan manca negara : Rp. 150.000 (Senin-Jum’at)
    • Wisatawan manca negara : Rp. 225.000 (Sabtu-Minggu/Hari Libur)
  • Tarif parkir Sekitar:

Pengendara roda 2 : Rp. 5.000, Pengendara roda 4 : Rp. 10.000.00, dan Pengendara roda 6 (bus) : Rp. 50.000

3 Spot Wisata TN Baluran Wajib Dukunjungi

HUTAN EVERGREEN

sekitar km ke 6 hingga 9 pengunjung disuguhi pemandangan hutan yang senantiasa tampak hijau sepanjang tahun. Inilah hutan sepanjang tahun atau yang lebih populer dengan istilah Evergreen.

PADANG SAVANA BEKOL

Di Bekol pengunjung akan melihat hamparan padang savana, hutan dan Gunung Baluran. Tampak beberapa pohon besar tumbuh di tengah padang rumput.

PANTAI BAMA

Pemandangan Pantai Bama sangat indah, dengan pasir yang putih sepanjang 300 m, air lautnya bersih dan bening.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *